10 Wasiat Imam Hasan Al Banna

Posted on September 15th, 2010 in Islamiah by N Hamid Sutanto

Di dalam kehidupan setiap orang, sudah sepantasnya jika memiliki prinsip-prinsip dalam menjadikan hidupnya lebih baik dan memiliki nilai yang positif. Kehidupan di dunia yang hanya sebentar dan sementara ini, merupakan ladang untuk kehidupan nanti di akhirat yang tentu saja kekal abadi. Hal tersebut tentu saja sedah selayaknya bagi kita seorang muslim (orang islam) yang mu'min (orang beriman) untuk menjadikan kehidupan di dunia ini dengan sebaik-baiknya yaitu dengan bertaqwa dengan sebenar-benarnya taqwa. Yaitu sesuai dengan makna taqwa itu sendiri, Melaksanakan segala sesuatu yang di perintahkan oleh Allah dan sebaliknya menjauhi/meninggalkan segala sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT.

Nama “Hasan Al-Banna” selalu lekat dengan jamaah Al-Ikhwan Al-Muslimun, karena beliau adalah pendiri dan menjadi Mursyid ‘Am pertama jamaah tersebut. Sekalipun sang imam “Al-Banna”, hidup tidak lebih dari 42 tahun, namun pada masa hidupnya banyak memberikan kontribusi dan prestasi yang besar sehingga banyak terjadi lompatan sejarah terutama dalam melakukan perubahan kehidupan umat menuju Islam dan dakwah Islam yang lebih cerah, banyak perubahan-perubahan yang dicapai olehnya, apalagi saat beliau hidup kondisi umat dalam keadaan yang begitu parah dan mengenaskan, keterbelakangan, ketidakberdayaan, kebodohan umat, dan ditambah dengan penjajahan barat.Berikut adalah wasiat yang di wariskan oleh seorang ulama besar yang hidup di Mesir, beliau adalah Imam Hasan Al Banna.

Berikut adalah wasiat beliau,

  1. Apabila mendengar azan maka bangunlah sembahyang segera walau bagaimana keadaan sekalipun.
  2. Bacalah al-Quran, pelajarilah buku-buku ilmu, pergilah ke majlis-majlis ilmu, dan amalkanlah dzikrullah dan janganlah membuang waktu dalam perkara yang tiada memberi manfaat.
  3. Berusahalah untuk bertutur dalam bahasa Arab karena bahasa Arab yang betul itu adalah satu-satunya syiar Islam.
  4. Janganlah sekali-kali bertengkar, karena pertengkaran yang kosong tidak memberikan kebaikan apapun.
  5. Janganlah banyak tertawa karena hati yang selalu berhubungan dengan Allah itu selalu tenang lagi tenteram.
  6. Janganlah banyak bergurau karena umat yang sedang berjuang itu tidak mengerti melainkan bersungguh-sungguh dalam setiap perkara.
  7. Janganlah bercakap lebih keras daripada kadar yang dikehendaki oleh pendengar karena percakapan yang keras itu adalah suatu resmi yang sia-sia malah menyakiti hati orang.
  8. Jauhilah daripada mengumpat-umpat peribadi orang, mengecam organisasi, dan janganlah bercakap melainkan apa- apa yang memberi kebajikan.
  9. Bersaudaralah dengan setiap Muslimin yang ditemui karena asas gerakan dakwah kita ialah bersaudara dan berkasih-sayang.
  10. Kewajiban-kewajiban kita lebih banyak daripada waktu yang ada pada kita, oleh itu gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya dan rapikanlah perlaksanaannya.

7 Responses to '10 Wasiat Imam Hasan Al Banna'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to '10 Wasiat Imam Hasan Al Banna'.

  1. haddle insurance douglasville said,

    on September 24th, 2010 at 7:36 am

    Maybe the greatest page I have read this week.

  2. roclafamilia said,

    on October 21st, 2010 at 4:30 pm

    Helpful blog, bookmarked the website with hopes to read more!

  3. Buy Propecia said,

    on January 23rd, 2011 at 10:29 am

    Nice post. I learn something more difficult on different blogs everyday. It'll always be stimulating to learn content from other writers and follow just a little one thing from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether or not you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your internet blog. Thanks for sharing.

  4. cialis said,

    on January 25th, 2011 at 4:43 am

    very nice post, i certainly love this web site, carry on it

  5. Tiyo said,

    on April 21st, 2011 at 7:28 am

    mantabs


  6. on December 30th, 2016 at 9:05 am

    Makasih mas, semoga istiqomah dalam kebaikan

  7. sehrhh said,

    on December 30th, 2016 at 9:08 am

    mantabs

Post a comment

*